Latar Belakang

Assalamu’alaykum wr..

Saudara muslim yang dicintai ALLAH SWT,

Bermula dari keinginan saya untuk berbagi hikmah. Saya membuat blog ini dengan tujuan berbagi renungan dan kisah islami yang saya dapatkan dari berbagai sumber antara lain:

  1. Koleksi E-book ( terdiri dari ratusan kisah, renungan, hadits, dan materi lainnya )
  2. Koleksi Buku Islam
  3. Tausiyah ustad dan saudara
  4. Renungan pribadi dari isi hati saya

Berbagai hal menarik dan penuh inspirasi dari berbagai sumber diatas sangat sayang jika hanya menjadi konsumsi saya sendiri. Untuk itu, saya membuat blog ini sebagai media saya berbagi ilmu, nasehat, dan motivasi yang juga telah saya dapatkan dari berbagai sumber diatas.

Berawal dari Perintah ALLAH SWT,

Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

( QS Al Maidah : 67 )

Media ini saya buat dan terus berupaya istiqomah dalam merawat dan mengembangkannya sebagai salah satu cara saya untuk menyampaikan kebaikan yang telah saya dapatkan. Jika semua ilmu yang telah ALLAH titipkan itu hanya saya simpan, saya kawatir tidak ada kebaikan dalam diri saya.

Dan pesan Rasulullah saw,

Sahabat Ibnu Abbas ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Ulama zaman sekarang ada dua macam. Pertama, ulama yang diberi ilmu oleh Allah dan dia mengajarkannya kepada umat manusia dengan tiada mengharapkan sesuatu, dan tidak pula meminta gaji. Maka ikan-ikan di laut, binatang di daratan serta burung- burung di angkasa semuanya memintakan ampunan buat mereka. Kedua, ulama yang diberi ilmu oleh Allah swt kemudian mereka tiada mau menyebar-luaskannya kepada umat manusia. Mereka selalu mengharapkan sesuatu, dan meng­harapkan gaji dalam menyebar-luaskan ilmunya. Mereka itulah yang akan diikat dengan ikat siksa neraka kelak pada hari kiamat. Dan tingkah mereka itu akan diberitahukan kepada seluruh manusia yang berada di mahsyar dengan adanya pengumuman: “Inilah orang-orang yang diberi ilmu oleh Allah, sedang mereka tiada mau menyebar-luaskan ilmunya kepada umat manusia, serta dalam segala aktifitasnya hanya selalu mengharapkan gaji dan balasan.” Demikianlah pengumuman itu di kumandangkan hingga selesai penghitungan amal (hisab).” (HR. Thabrani. Menurut Imam Mundziri di dalam sanad hadis ini terdapat perawi Abdullah bin Khirasy. Namun demikian Ibnu Hibban tetap berkeyakinan bahwa perawi tersebut dapat dipercaya).

Sahabat Abi Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Barangsiapa dimintai penjelasan tentang suatu ilmu pengetahuan kemudian dia tidak menjawab (menyembunyikan), maka dia akan diikat dengan ikat dari api neraka.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Hakim).

hadits diatas menjadi motivasi tersendiri untuk saya dalam membuat dan terus mengelola blog ini.

Semoga blog ini dapat menjadi rujukan saudara muslim dimanapun berada sebagai media untuk saling berbagi dan menasehati.

Saudara muslim yang saya cintai karena ALLAH,

Saya tidak lebih baik dari anda. Tidak lebih shaleh, tidak lebih banyak ilmunya, dan tidak lebih yang lainnya. Untuk itu, saya mohon kritik dan saran, mari saling berbagi, saling menasehati dan berlomba dalam kebaikan.

jika ada yang kurang berkenan dengan blog ini, silahkan memberikan kritik dan saran kepada saya. jika memang ada mudharat dari blog ini, dan mudharat yang ditimbulkan lebih besar dari manfaatnya, kapanpun saya siap menutup blog ini.

Saudara muslim yang saya banggakan,

saya hanyalah hamba ALLAH yang penuh kekurangan,

pengharap ridlo dan pemburu kebaikan,

segala kekurangan dan kesalahan bersumber dari saya sendiri, segala yang baik dan benar berasal dari ALLAH Yang Maha Baik dan Benar.

demikian,

wassalamu’alaykmwr..

by Anang Nurcahyo ( RENUNGAN ISLAM )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s