Larangan Boros

  1. Umi Salamah la berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Seseorang yang minum minuman dalam gelas yang terbuat dari perak, dia telah menyalakan api neraka Jahanam dalam perutnya.” (HR. Bukbari dan Muslim).
  2. Imam Muslim mengetengahkan sebuah riwayat, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Barangsiapa makan atau minum dalam piring atau gelas yang terbuat dari emas atau perak, maka berarti dia menyalakan api neraka Jahanam dalam perutnya sendiri.”
  3. Sahabat Hudzaifah ra beikata: Aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Janganlah kamu memakai pakaian yang terbuat dari sutra asli, dan pakaian yang tebal dari sutra pula. Janganlah kamu minum dalam gelas yang terbuat dari emas atau perak. Demikian pula Janganlah kamu makan dalam piring yang terbuat dari emas atau perak. Sebab semua itu adalah bagian bagi orang-orang kafir di dunia, dan akan menjadi bagianmu kelak di akhirat. (HR. Bukhari dan Muslim).
  4. Sahabat Abi Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: ”Barangsiapa memakai pakaian yang terbuat dari sutra murni di dunia, maka kelak di akhirat dia tidak akan memakainya. Barangsiapa minum khamr di dunia, maka dia tiada akan meminumnya kelak di akhirat. Barangsiapa minum dengan gelas yang terbuat dari emas atau perak, maka dia tidak akan lagi minum dengan gelas yang terbuat dari emas atau perak kelak di akhirat. Selanjutnya Rasulullah bersabda. “Semua itu adalah pakaian ahli sorga, minuman ahli sorga, dan perabot rumah tangga ahli sorga.” (HR. Hakim, dan menurutnya termasuk hadis yang shahih sanadnya).

 

 

One comment on “Larangan Boros

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s