Larangan Takut Kepada Sesama Manusia

  1. lelaki dari Madinah berkata: Pada suatu ketika Muawiyah pernah berkirim surat kepada Aisyah: “Ya Aisyah, tulislah sebuah pesan yang singkat lagi tepat buatku.” Lalu Ai­syah menulis surat kepada Muawiyah: “Keselamatan semoga tercurah selalu kepadamu. Waba’du, aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa mencari keridhaan Allah dengan melakukan sesuatu yang dibenci umat manusia, maka Allah akan menyelamatkannya dari segala kejelekan mereka. Dan barangsiapa mencari keridhaan manusia dengan melakukan se­suatu yang dimurkai Allah, maka Allah akan menguasakan dirinya dalam genggaman mereka. Wassalamu ‘alaika.” (HR. Tirmidzi).
  2. Sahabat Jabir bin Abdillah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Barangsiapa mencari keridhaan seorang penguasa dengan sesuatu yang dimurkai Allah, berarti dia telah keluar dari agama Allah.” (HR. Hakim).
  3. Sahabat Ibnu Abbas ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Barangsiapa membuat murka Allah dalam mencari keridhaan sesama manusia, maka Allah sangat murka kepadanya dan orang-orang yang berada di sekelilingnya pun akan membencinya. Dan barangsiapa mencari ridha Allah dengan sesuatu yang menyebabkan umat manusia benci kepadanya, maka Allah akan meridhainya dan menjadikan orang-orang yang benci menjadi sadar serta mencintainya, lantaran Allah menghiasi dirinya dengan ucapan dan perbuatan yang baik sehingga mereka sangat simpati.” (HR, Thabrani dengan sanad yang baik).

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s