Dermawan Teragung Dunia

Mengenal Dermawan Teragung Dunia.

 

Saiyidina Abu Bakar r.a. merupakan seorang hartawan dan juga jutawan yang sanggup dengan rela hati ikhlas memberikan seluruh harta bendanya bagi suatu perjuangan suci, lalu sanggup pula hidup miskin kerananya. Beliau adalah diantara orang yang mula-mula sekali memeluk Islam dan menjadi sahabat baginda Rasulullah s.a.w yang paling karib serta paling disayangi.

Sebelum memeluk Islam lagi Saiyidina Abu Bakar r.a. sudah terkenal sebagai seorang bangsawan Arab yang kaya, baik akhlak serta di hormati oleh masyarakat Quraisyh Mekah. Tetapi setelah ia memeluk Islam, beliau merupakan tokoh Islam yang utama sekali dengan mengorbankan seluruh harta bendanya bagi menegakkan agama Islam di Tanah Arab. Dikalangan para sahabat dialah orang yang paling murah hati dan dermawan sekali.

Pernah dalam peperangan Tabuk, Rasulullah telah meminta pada sekalian umat Muslimin agar mengorbankan harta mereka pada jalan Allah. Maka datanglah Saiyidina Abu Bakar r.a. membawa seluruh harta bendanya, lalu diletakkan antara dua tangan baginda. Melihat banyaknya harta yang dibawa oleh Abu Bakar r.a. itu baginda menjadi terkejut lalu bertanya kepadanya: “Hai sahabatku yang budiman, kalau sudah seluruh harta bendamu kau korbankan, apakah lagi yang akan kau tinggalkan untuk anak-anak dan isterimu?.” Pertanyaan Rasulullah s.a.w. dijawab oleh Saiyidina Abu Bakar r.a. dengan tenang sambil tersenyum, katanya: “Saya tinggalkan mereka Allah dan rasul-Nya.” Demikianlah kehebatan jiwa Saiyidian Abu Bakar As-Siddiq r.a. yang tiada bandingannya di dunia hingga hari ini.

( 1001 kisah teladan )

Totalitas pengorbanan dan perjuangan beliau sangat patut kita teladani. Tidak heran jika beliau termasuk orang yang dijamin masuk surga. Semoga menambah semangat kita untuk rela berkorban dalam kebaikan.

 

 

nasehat,nasehat islam,nasehat islami,renungan,renungan islam,renungan islami,kisah islam,kumpulan kisah islam,kisah teladan,islam

4 comments on “Dermawan Teragung Dunia

  1. Subhanallah, andai saai ini ada orang kaya Muslim yang punya karakter paling tidak mendekati 1/4 karakternya Saiyidina Abu Bakar r.a. Dijamin paling tdk dunia Muslim, tidak semiskisn saat ini, saat ini dunia Islam sendiri terlihat sangat mencintai dunia (harta,tahta). Hal ini sangat nyata terlihat bahkan didepan hidung kita, coba bayangkan seorang “khalifa” yang masih memikirkan kenaikan gajinya, saat sedang memperbaiki kesejahteraan hidup rakyatnya.

    Padahal sang khalifa sudah sangat kaya, dengan gaji puluhan juta perbulan, yang tentu saja tidak tersentuh/terpakai setiap bulannya, serta dana taktis milyaran rupiah per bulan, belum lagi biaya dinas perjalanan dsb, pada hal secara bersamaan ribuan Rakyatnya bahkan sangat kesulitan untuk mencari pendapatan bahkan Rp 100.000,- saja per bulan. Naudzu billah himinzalik..

    Semoga tulisan ini bisa mengetok hati nurani setiap orang yang mengaku beragama Islam yang sempat membaca artikel tentang karakter seorang khalifah (Pemimpin) Syaidina Abu Bakar r.a ini, agar bisa di ambil ‘subtansi’nya untuk paling tidak lebih berempati kepada saudaranya yang lagi terbelit kemiskinan dan kelaparan, bahkan tuna wisma dsb, khususnya di negeri ini, amin..

  2. Saydinna Abu Bakar r.a memang orang pilihan sepak terjang wajib jadi tauladan seluruh umat Muslim, tapi saat ini banyak sekali umat Muslim di Indonesia yang kaya raya dengan uang dan harta yang sangat berlimpah dan mereka sangat taat dalam menjalankan shalat lima waktu, tepati disaat ada kaum Muslim yang membutuhkan bantuan mereka tak mau memberikan bantuan, disaat ada kaum Muslim yang kelaparan mereka tak mau memberikan makanan mereka, kadang mereka (orang kaya) berkata ” kenapa lu..dulu kaga mau sekolah, kenapa lu dulu kaga mau kerja keras, ini kan gw bisa kaya begini karena gw sekolah tinggi sampe amerika dan karena kerja keras gw ” SubhannAllah itu orang kaya sekarang, kadang meraka menimbun makanan mereka dalam lemari es mereka yang besarnya melebihi rumah tipe 21,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s