renungan | Nasehat Cerdas, Ujian Saringan Tiga Kali

Nasehat Cerdas. Ujian Saringan Tiga Kali

Di jaman Yunani  kuno, Dr. Socrates adalah seorang terpelajar dan intelektual yang terkenal  reputasinya karena pengetahuan dan kebijaksanannya  yang tinggi.

 

Suatu hari seorang  pria berjumpa dengan Socrates dan  berkata, “Tahukah anda apa  yang baru saja saya dengar mengenai salah  seorang teman anda?”

 

“Tunggu sebentar,” jawab Dr. Socrates.   “Sebelum  memberitahukan saya sesuatu, saya ingin  anda melewati sebuah ujian kecil. Ujian  tersebut dinamakan  Ujian Saringan Tiga  Kali.”

“Saringan tiga  kali?” tanya pria tersebut. “Betul,” lanjut Dr. Socrates.

“Sebelum anda  mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin merupakan ide yang bagus  untuk menyediakan  waktu sejenak dan menyaring apa yang akan anda katakan.

Itulah kenapa saya  sebut sebagai Ujian Saringan Tiga Kali.

 

Saringan  yang pertama adalah KEBENARAN.

Sudah pastikah anda  bahwa apa yang anda akan katakan  kepada saya adalah

benar?” “Tidak,” kata pria tersebut,”sesungguhnya saya  baru saja mendengarnya dan

ingin  memberitahukannya kepada anda”. “Baiklah,” kata Socrates.” Jadi anda sungguh  tidak tahu apakah hal itu

benar atau  tidak.”

 

Sekarang  mari kita coba saringan kedua yaitu : KEBAIKAN.

Apakah yang  akan anda katakan kepada  saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik ?” “Tidak, sebaliknya,  mengenai hal yang buruk”. “Jadi,” lanjut Socrates, “anda ingin mengatakan  kepada saya sesuatu yang

buruk mengenai dia,  tetapi anda tidak  yakin kalau itu benar.

 

Anda  mungkin   masih  bisa lulus ujian selanjutnya, yaitu: KEGUNAAN.

Apakah apa yang  anda ingin beritahukan  kepada saya tentang teman saya

tersebut akan berguna  buat   saya ?”

“Tidak,  sungguh tidak,” jawab pria tersebut.

 

“Kalau begitu,” simpul Dr. Socrates,”  jika apa yang anda ingin beritahukan

kepada saya…  tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk

saya, kenapa ingin  menceritakan kepada saya  ?”

 

Sebuah panah  yang telah melesat dari busurnya dan membunuh jiwa yang tak

bersalah, dan  kata-kata yang telah diucapkan yang menyakiti hati

seseorang,     keduanya tidak  pernah bisa ditarik kembali.

Jadi  sebelum berbicara,   gunakanlah  Saringan Tiga Kali.

 

sumber: nasehat seorang teman lewat email.

5 comments on “renungan | Nasehat Cerdas, Ujian Saringan Tiga Kali

Leave a Reply

