Jagalah apa yang dititipkan padamu

ada seseorang yang telah banyak berbuat baik kepadamu, suatu saat ia menitipkan kain putih yang sangat lembut, bersih dan wangi kepadamu. ia mengijinkanmu memakainya, asal kembali dalam kondisi semula.
pertanyannya adalah:
APAKAH KAMU AKAN MEMBIARKAN KAIN ITU JATUH KEDALAM KUBANGAN LUMPUR YANG KOTOR, BAU DAN MENJIJIKKAN?

kain putih itu adalah hati, sedang yang memberi itu adalah ALLAH SWT. Mungkin analogi ini kurang tepat. Tapi, ini yang saya rasa bisa sedikit mewakili apa yang sebenarnya sedang kita alami. Manusia kadang tidak sadar akan suatu harta yang paling berharga dalam hidupnya melebihi kehidupan itu sendiri, itu adalah hati.

manusia terlahir dalam kondisi hati yang murni, tulus, polos, benar-benar tanpa cacat. Hal ini saya ibaratkan dengan kain putih bersih, lembut, dan wangi. Tetapi, dalam perjalanan hidupnya manusia senantiasa memberikan noda pada kain itu sehingga sampai pada suatu saat dimana sudah tidak bisa lagi dibedakan mana kain putih, mana lumpur.

ibarat hati kita. Pada awalnya murni. Tetapi, seiring dengan waktu yang kita jalani, setitik demi setitik dosa yang disusupkan iblis melalui indra kita, pada akhirnya membuat hati kita menjadi sangat kotor. Dan akhirnya, tidak bisa dibedakan lagi mana hati manusia, mana “hati” iblis.

Saudaraku, berdoalah untuk senantiasa diistiqomahkan dalam kebaikan. Karena satu syarat diistiqomahkannya kita adalah dengan meminta istiqomah kepada ALLAh swt.

 

dariku, untukmu saudaraku..

semoga bermanfaat.

 

One comment on “Jagalah apa yang dititipkan padamu

  1. Perjalanan ini kadang membuat kita terjebak, jalan yg awalnya mulus, tapi akhirnya membuat kita tersentak oleh lumpur..mudah2an disetiap kepingan kisah kita menemukan sungai yang airnya deras dan bersih-memberi kesempatan kita seluas2nya untuk membersih kain putih yang polos dan sangat lembut itu,..semoga ikhtiar kita menemukan jalannya,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s