Cincau Minyak

anda penggemar cincau? Pernah mendengar cincau minyak? mungkin sebagian besar orang belum pernah mengetahui cincau jenis ini. jenis cincau ini memang kurang populer dibandingkan dengan jenis yang lain seperti cincau hijau, cincau perdu, dan cincau hitam. Untuk itu, pada kesempatan ini kita akan berkenalan dengan cincau jenis ini.

Cincau minyak ( Stephania hermandifolia Walp. ) termasuk manispermaceae. Akar tanaman cincau minyak yang sudah tua dan hidup menahun ada yang membengkak, dan pada tanaman muda biasanya hanya berupa akar-akar kecil  mirip serabut. seperti halnya akar cincau hijau, akar cincau minyak juga digunakan sebagai tempat penyimpan cadangan makanan. akar yang membengkak dalam keadaan kering berwarna hitam, di dalamnya seperti kayu.

Batang cincau minyak berkayu, bulat, kulitnya hijau, bentuknya memanjang, berukuran kecil sekitar 1 cm. Potongan pendek dari batang cincau minyak yang lebih tua kaku mirip kawat. Tanaman tersebut utmbuh merayap ke atas dan membelit ke arah kiri. percabangan terjadi mulai bagian bawah batang, namun kebanyakan terjadi dibagian atas. Panjang tanaman mencapai 10 meter. Sama halnya dengan cincau hijau, apabila anjang-anjang tempat pijaknya terbatas, akan terjadi tumpang tindih antara batang dan cabang-cabangnya.

Daun cincau minyak merupakan daun tunggal, tipis, namun tampak kaku, berwarna hijau berkilat, bentuknya lonjong, ujung dan pangkalny lancip. Tulang daun menyirip lengkung hampir menyerupai tulang ikan. Panjang daun sekitar  10 cm dan lebar 5 cm.

Bunga cincau minyak kecil-kecil tersusun dalam karang bunga, terletak di ujung ranting atau diketiak daun yang berada di bagian atas tanaman. pada setiap karangny terdapat 12 tangkai bunga. Daun mahkota bunga berwarna putih. Pada tanaman muda, bunga tersebut kebanyakan gugur dan gagal menjadi buah karena dipengaruhi  faktor internal dan eksternal lingkungan.

 

sumber: Aneka Tanaman Bahan Camcau. Ir. Setiyo pitoyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s