Renungan | Evaluasi Ibadah Kita, Baca dan Menangislah…

Evaluasi Ibadah


Kita sering denger yg namanya evaluasi. Buat yg msh skolah/kuliah, yg namanya evaluasi tu
ya ujian tes tulis untuk melihat seberapa jauh hasil belajar kita.Misalnya tiap 1 smster.Buat yg udah kerja perusahaan/institusi misalnya, ada rapat evaluasi.Tujuannya buat meninjau ulang & memperbaiki kinerja perusahaan tsb.

Tapi apa sebatas itu?di lingkungan itu aja?
Sebenernya kalo direnungkan, bagi kita yg muslim, minimal kita ngelakuin 5 Kali evaluasi dlm
sehari. Ya, shalat fardu yg 5 waktu.Tapi apa kita udah bener2 ngelakuinnya?

Waktu Subuh misalnya. Sering kita (yg ngakunya muslim) males bangun pagi2 buat sholat subuh.
Alasannya mcm2. Ada yg masih ngantuk. “Ntar aja kalo tidurnya udh puas.”Pernahkah kita mikir
Allah bs aj cabut nyawa kita waktu tidur, so kita tidur buat selama-lamanya?
Jadinya malah ga bs sholat lg. Trus, ada yg alasannya dingin.Males mo ambil wudlu. But, coba dipikir lg. dibanding panasnya api neraka pilih mana? ho3x… kapok..

Lalu ada waktu dhuhur. Kadang buat yg skolah atau kuliah males2an. Plg ke rmh, capek, trus tidur. Bangun2 udah adzan maghrib. Atau plg skolah/kuliah maen ke rmh tmn,jln,keluyuran.
Heran.. Padahal waktu dhuhur lmyn pjg. 2 jam lebih.kItA Shlt paling2 cm 5 menit. Tu aj ga pake zikir sm doa.Abs slm langsung bablas

Abis tu ashar. Ni yg srg dilewatkan. Wkt ashar lmyn pendek.Kebanyakan dari kita sibuk urusan
dunia. t’utama yg kerja, masih tetep dietrusin. Sampe menjelang maghrib br berhenti.

Waktu maghrib jg sama. Pendek bgt malah. cm 1 jm. Padahal rata2 kegiatan kita berhenti pas waktu maghrib. Tapi ada aja alasannya buat ga sholat. banyak dari kita yg masih sibuk liat tv / maen game di komptr. Klo pun sholat, mepet mau masuk waktu isya.

Yg terakhir waktu isya. Klo ga segera sholat pas adzan, biasanya kita jadi males. Waktunya
paling panjang. Sampe menjelang subuh choy….Ntar aj. Ntar..ntaaar… truz. Akhirnya malah tidur. Bgn2 udah subuh.Kata pak ustadq dulu, dikelonin setan. jd males buat sholat. Makanya tiap denger adzan, cpt2 ambil wudlu,trus sholat. Biar setannya pergi.

SO,sholat fardu, selain sbg penghapus dosa antara waktu sholat ke waktu sholat selanjutnya,jg sbg sarana evaluasi diri. Kita laporkan kepada Allah apa aja yg udah kita lakuin. Entah itu ibadah, entah itu dosa.So, kita bisa segera memperbaiki diri. Yg udah bagus,kita tingkatkan.
yg masih kurang, kita perbaiki. Ibadah yg udah dilakukan,kita tujukan smata – mata untuk-Nya.Kita Taubat untuk dosa2 yg udah numpuk setinggi gunung.yg trus2an kita lakuin sampe banjir kayak sumur lapindo
Mari kita evaluasi diri,instrospeksi diri Melalui shlt. Entah itu shlt fardu maupun sunnah.
Muadz bin Jabal RA kepada sahabatnya dengan ungkapannya yang menyejukkan hati “mari duduk sesaat untuk beriman”. Berhenti sejenak untuk menengok kembali kondisi keimanan agar tetap terjaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s